Vita Ervina Serahkan 12 Alsintan di Kab. Temanggung

Metro Times (Temanggung) Anggota Komisi IV DPR/MPR RI Dapil Jateng VI dari Fraksi PDI Perjuangan Vita Ervina SE MBA, menyerahkan Alat Mesin Pertanian (alsintan) Pra Panen dan Pasca Panen bagi 11 Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Temanggung, Senin (19/10).

“Bantuan alsintan ini adalah hasil kerjasama antara Komisi IV DPR/MPR RI dengan Kementerian Pertanian RI melalui Ditjen PSP dan Ditjen Tanaman Pangan. Jadi saya berharap agar para Kelompok Tani dapat memanfaatkan peralatan pertanian ini sebaik-baiknya dan di rawat sehingga optimal penggunaannya,” kata Vita Ervina.

Bantuan Alsintan Pra Panen dan Pasca Panen di Kabupaten Temanggung ini ditujukan kepada 11 Kelompok Tani. Diantaranya adalah Poktan Rukun Tani Kec. Bansari, Poktan Tani Sejahtera Kec. Bansari, Poktan Tani Mantep Kec. Tretep, Poktan Sabuksari Kec. Kedu, Poktan Lohjinawi Kec. Jumo, Gapoktan Margo Rukun Kec. Kranggan, Poktan Bumi Rejo 3 Kec. Bulu, Gapoktan Pingit Kec. Pringsurat, Poktan Taruna Maju Kec. Bansari, Poktan Subur Makmur Kec. Parakan, dan Poktan Ayo Makaryo Kec. Bulu. Sedangkan Alsintan Pra dan Pasca Panen itu sendiri berupa Hand Traktor, Cultivator, Pompa Air, Power Threster dan Corn Sheller.

“Alsintan ini usia kelayakan pakai yaitu 5 tahun. Jadi, mohon agar benar-benar dimanfaatkan secara maksimal, sehingga bisa bermanfaat dalam menunjang produktifitas pertanian,” terang Vita (sapaan akrab Vita Ervina SE MBA).

Kabupaten Temanggung, masih menurut Vita Ervina, masyarakatnya mengandalkan sektor pertanian sebagai sumber pendapatan, namun nampaknya pertumbuhan ekonomi di kuartal keduanya sedikit mengalami penurunan. Kondisi di sektor pertanian sekitar 0,19%. Akan tetapi secara nasional sebenarnya sektor pertanian mampu tumbuh 16,24% dan menjadi penyumbang tertinggi. Untuk itu, Legislator Muda PDI Perjuangan Asal Senayan ini berharap Kabupaten Temanggung melalui para Kelompok Tani bisa mengambil momentum ini dimana bantuan alsintan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Pemerintah Pusat adalah sebagai regulator dan fasilitatornya saja, yang menjadi garda terdepan dalam upaya menuju swasembada pangan adalah petani. Maka dari itu, dengan bantuan alsintan ini diharapkan bisa menyebarluaskan mekanisasi pertanian dalam upaya mempercepat cara kerja petani, mengoptimalkan produktifitas pertanian sehingga dapat mendongkrak produksi pangan Kabupaten Temanggung (khususnya) dan nasional (umumnya),” jelas Vita Ervina.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung, Joko Budi Nuryanto SP MSi yang hadir langsung di lokasi penyerahan alsintan sangat mengapresiasi bantuan alsintan di Kabupaten Temanggung ini. Menurutnya, Vita Ervina SE MBA total mengambil bagian untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat agar lebih mudah berusaha untuk meningkatkan perekonomian khususnya para petani.

“Terimakasih Ibu Vita Ervina SE MBA atas kepeduliannya kepada para petani di Kabupaten Temanggung. Semoga bantuan ini sangat bermanfaat,” tutupnya. (rif)

 

 

 

*Sumber : https://metrotimes.news/breaking-news/vita-ervina-serahkan-12-alsintan-di-kab-temanggung/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *