Vita Ervina Apresiasi Budidaya Maggot & Ayam Joper Karya Anak Muda Sumberejo Ngablak

Metro Times (Magelang) Anggota Komisi IV DPR/MPR RI dari Dapil Jateng VI dari Fraksi PDI Perjuangan Vita Ervina SE MBA, mengunjungi rumah budidaya maggot di Dusun Kentheng Desa Sumberejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang, Kamis (8/10).

Kedatangan anggota Komisi IV DPR/MPR RI ini tidak lebih memberi semangat kepada pembudidaya maggot, dimana pembudidaya memanfaatkan sampah yang tidak berguna kemudian dimanfaatkan menjadi barang yang menghasilkan banyak uang dan juga bisa memperkerjakan orang lain.

“Saya mengapresiasi apa yang sudah dilaksanakan oleh anak muda asal Ngablak ini terkait budidaya maggot, dan tadi saya juga belajar banyak dari budidaya maggot tersebut,” kata Vita Ervina.

Selain itu, jelas Vita Ervina, budidaya maggot ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat Magelang bagaimana mereka bisa mengolah sampah organik yang ada di rumah tangga untuk menjadi pakan ternak dan pupuk tanaman selain juga bernilai ekonomis.

“Walaupun di pandemi covid-19 gerak terbatas namun inovasi dan kreatifitas tidak boleh terbatas. Terbukti dengan melihat langsung di budidaya maggot ini sy menyaksikan langsung bagaimana sampah yang tidak berguna bisa di olah langsung untuk menjadi maggot dan maggot tersebut untuk bahan makanan ayam joper (jawa super) yang per bulannya bisa menghasilkan uang puluhan juta rupiah,” jelas Vita.

Sedangkan pembudidaya maggot, Danu merasa senang dan lebih percaya diri setelah dikunjungi oleh anggota DPR/MPR RI sekelas Vita Ervina SE MBA. Menurutnya, ia membudidaya maggot dan ayam joper dengan memakai dana pribadi.

“Tujuan saya dengan membudidaya maggot dan ayam joper adalah untuk menjadi skala industri. Selain itu juga untuk mencontohkan ke anak muda lainnya untuk bisa memanfaatkan sampah yang terbuang,” ucap Danu.

Danu menjelaskan, dirinya mencoba budidaya maggot dan ayam joper baru sekitar 6 (enam) bulan atau di mulai pada masa-masa pandemi covid-19. Dan selama ini pula, hasil dari ayam joper ini sudah bekerjasama dengan Pasar-pasar kecil di Jakarta dan rumah makan di area Magelang dan Salatiga. Hasilnya pun juga lumayan, yakni panen ayam joper per minggunya adalah seribu ekor dikalikan tiga puluh ribu rupiah.

“Saya sangat bangga sekali sebagai anak muda dikunjungi Ibu Vita Ervina yang notabenenya adalah anggota DPR/MPR RI. Dengan kedatangannya ini, saya lebih bersemangat lagi untuk menanggulangi sampah,” tutupnya. (rif)

 

 

*Sumber : https://metrotimes.news/breaking-news/vita-ervina-apresiasi-budidaya-maggot-ayam-joper-karya-anak-muda-sumberejo-ngablak/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *