“Vita Ervina” Anggota DPR/MPR RI Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan Kepada Para Pemuda Kab. Magelang

\

Metro Times (Magelang) Anggota Komisi IV DPR/MPR RI, Vita Ervina SE MBA, mengadakan sosialisasi 4 (Empat) Pilar Kebangsaan kepada para perwakilan pemuda se-Kabupaten Magelang di Rumah Makan Kampung Ulum Ngrajek, Mungkid, Kabupaten Magelang, Selasa (14/7).

“Sebagaimana diamanatkan dalam UU No 27/2009, TAP MPR RI No. 1/MPR/2010 dan Inpres No. 6/2005, sebagai Anggota MPR RI saya mengemban tugas dan tanggung jawab dalam memasyarakatkan tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar Kebangsaan MPR RI yakni Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Vita Ervina SE MBA dalam sambutannya.

“Maka sesungguhnya menjadi kewajiban Kita sebagai warga Negara Indonesia, seluruh anak bangsa, seluruh lapisan masyarakat juga untuk memasyarakatkan nilai-nilai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara dalam memperkuat dan meperkokoh Indonesia. Terlebih generasi muda harus memiliki jati diri dan kepribadian bangsa agar mampu menjawab segala tantangan yang ada, yang akan menggerus nilai-nilai luhur kebangsaan kita melalui pemahaman, penghayatan dan prakteknya dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Vita, kepada para perwakilan pemuda se-Kabupaten Magelang.

Dikatakan dia, Pancasila menjadi modal dan pembangkit semangat gotong royong bagi bangsa ini untuk mengatasi pandemi Covid-19. Sebab, perang melawan pandemi tidak bisa hanya bertumpu pada kekuatan pemerintah, tetapi dibutuhkan kebersamaan dari semua elemen masyarakat. Pancasila sebagai Pedoman dan Penuntun Hidup dalam tatanan bernegara dan berbangsa, harus senantiasa menjadi penyemangat anak bangsa Indonesia dengan mengimplementasikan nilai-nilai dan butir-butir Sila Pancasila di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

“Kita sudah menyaksikan gerakan-gerakan gotong royong di semua lapisan, baik gotong royong antar tetangga atau #gotongroyongberskalabesar. Ini membuktikan bahwa jiwa dan roh Pancasila telah diaplikasikan dalam cara berpikir, bertindak, berelasi anak bangsa dan mewujudkan nilai kemanusiaan dan solidaritas,” jelasnya.

Politikus PDI Perjuangan ini juga mengajak kepada para pemuda khususnya para pemuda di Kabupaten Magelang untuk selalu mengamalkan Pancasila, karena ada nilai kemanusiaan dan semangat gotong royong yang terus di pupuk dan digalakkan. Harapannya tidak hanya dalam melawan Covid-19 yang belum tahu kapan berakhir, tetapi semangat itu harus terus tetap ada ketika apapun bencananya di bumi Indonesia.

“Inilah Ideologi Pancasila yang sesungguhnya dihayati dan diimplementasikan anak negeri yang mengambil peran di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat, rakyat Indonesia, warga Negara Indonesia khususnya generasi muda untuk menghayati, memahami, memaknai dan mengimplementasikan Empat Pilar Kebangsaan di kehidupannya masing-masing secara proporsional dengan berperan aktif menjaga keutuhan tanah air dengan memelihara dan mempertahankan NKRI. Mengedepankan kerukunan, toleransi, saling menghormati sesama anak bangsa, dengan demikian kita menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Saling bahu-membahu bergotong-royong dan tetap berdisiplin diri dan berkomitmen teguh pada negara dan bangsa,” tutupnya. (rif)

 

*sumber : https://metrotimes.news/breaking-news/vita-ervina-anggota-dpr-mpr-ri-sosialisasikan-4-pilar-kebangsaan-kepada-para-pemuda-kab-magelang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *