Secara Simbolis, Vita Ervina Serahkan Bantuan Bang Pesona Sebesar Rp 300 Juta Kepada 6 LMDH di Kab. Magelang

Metro Times (Magelang) Anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina SE MBA berkomitmen menumbuhkan gerakan ekonomi produktif masyarakat pedesaan di kawasan hutan. Hal itu dilaksanakannya dengan aksi nyata, yakni dengan memberikan Bantuan Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di beberapa Kecamatan di Kabupaten Magelang.

“Pada kesempatan ini kami memberikan bantuan secara simbolis kepada enam (6) LMDH di Kabupaten Magelang. Diantaranya adalah LMDH Sleker Asri (Gandusari Bandongan), LMDH Maju Makmur (Ngepanrejo Bandongan), LMDH Payung Ridho Ilahi (Pringombo Tempuran), LMDH Sidomulyo (Bawang Tempuran), LMDH Sumbing Lestari (Temanggung Kaliangkrik), dan LMDH Dampit Makmur (Dampit Windusari),” kata vita (sapaan akrab Vita Ervina SE MBA, Senin (3/8) di Sleker Asri Bandongan, Kabupaten Magelang.

“Kegiatan ini bekerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melalui Ditjen PSKL dan Perum Perhutani Sub Divre Kedu Utara dengan Komisi IV DPR RI,” imbuhnya.

Program Pengembangan Perhutani Sosial Nusantara (Bang Pesona) ini berbentuk dana bantuan dengan alokasi anggaran senilai Rp 300 juta dan per kelompok atau per LMDH mendapatkan Rp 50 juta dimana bantuan ini sebagai modal usaha peningkatan kapasitas produktif, untuk pengadaan bibit tanaman pohon, tanaman agroforestry dan ternak (kambing/sapi/babi/lebah).

“Saya berharap stimulan ini dapat mendorong peserta program penerima bantuan dapat menjalankan dan meningkatkan kemampuan usaha di dalam dan sekitar Perhutani Sosial hingga memberikan nilai tambah bagi produk serta berkontribusi mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Beberapa LMDH di Kabupaten Magelang secara spesifik merupakan penggerak kawasan wisata, mempunyai andil besar merawat dan menjaga kelestarian hutan. Maka, ia berharap kegiatan perhutanan sosial tidak hanya mampu meningkatkan dan menguatkan struktur ekonomi pedesaan serta meningkatkan pendapatan masyarakat saja, tapi juga bisa menambah tutupan hutan hingga dapat mendukung gerakan perubahan iklim dan dapat berkontribusi dalam memperlambat terjadinya pemanasan global.

“Jadi, saya berharap dengan Program Bantuan Bang Pesona ini bisa menjadi tonggak yang dapat dimanfaatkan secara maksimal, walau jumlahnya masih relatif kecil tapi percayalah bukan besar soal berapa besar nominalnya, namun seberapa besar upaya dan nawaitu Bapak/Ibu semua, maka segala sesuatu akan menjadi besar dan berharga. Karena kami Pemerintah dan Wakil Rakyat hanya sebagai pendorong dan di tangan Bapak/Ibulah kesuksesan itu bisa di olah,” jelasnya.

Sedangkan Perwakilan Perum Perhutani Sub Divre Kedu Utara, Damanhuri mengatakan, pihaknya sangat mensupport kegiatan Komisi IV DPR RI, dalam hal ini Vita Ervina. Menurutnya, saat ini seperti daging Sapi pemerintah Indonesia masih bergantung kepada negara luar dalam arti masih impor. Jadi pihaknya berharap dengan bantuan ini, ke depan seperti LMDH ini bisa produktif dan bisa membantu pemerintah agar tidak ketergantungan kepada negara tetangga dalam hal daging sapi.

“Semoga bantuan ini bisa dimaksimalkan oleh para LMDH dan membuat LMDH bisa bersamangat lagi dalam berkarya,” pesannya. (rif)

 

 

*Sumber : https://metrotimes.news/breaking-news/secara-simbolis-vita-ervina-serahkan-bantuan-bang-pesona-sebesar-rp-300-juta-kepada-6-lmdh-di-kab-magelang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *