Puan Maharani Bantu Beras Warga Terdampak Pandemi Global Covid-19

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Ketua DPR RI Puan Maharani melalui anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jawa Tengah VI, Vita Ervina SE MBA, membagikan bantuan beras kepada warga yang terdampak pandemi global Covid-19.

Bantuan beras yang diberikan sejumlah 2000 paket itu, tersebar di 20 titik di 4 daerah, yakni Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Magelang, Purworejo dan 1 titik di Kota Magelang.

Secara simbolis, bantuan paket beras telah diserahkan Vita Ervina kepada ratusan warga Wonosobo di Panti Marhaen atau Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Wonosobo, Senin (3/12/2022).

Penyerahan bantuan tersebut, didampingi langsung Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Tengah Isnaeni dan sejumlah anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Wonosobo.

Vita Ervina, yang merupakan wakil rakyat dari Dapil VI Jateng (Wonosobo, Temanggung, Purworejo dan Magelang) itu, menyebut bantuan paket beras dari Mbak Puan Maharani hari ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Hal itu dilakukan sebagai bentuk perhatian Mbak Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI, tokoh muda perempuan sekaligus kader mumpuni PDI Perjuangan, pada warga yang terkena dampak pandemi global Covid-19,” tegasnya.

Menurut Vita, semangat gotong royong merupakan fondasi kuat bagi bangsa Indonesia. Gotong royong termasuk ringkasan dari Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia merdeka. Bung Karno tergolong salah satu tokoh pejuang yang terlibat dalam dinamika kehidupan saat itu.

Gotong Royong

Beras yang diberikan berasal dari Ketua DPR RI Puan Maharani yang merupakan pemimpin perempuan PDI Perjuangan. Foto : SB/Muharno Zarka

“Di mana masa-masa perjuangan menuju Indonesia merdeka, semangat gotong royong merupakan ungkapan yang disampaikan oleh Bung Karno. Gotong royong telah menjadi jiwa dan nilai dasar bagi masyarakat Indonesia,” cetusnya.

Gotong royong, lanjut dia, memiliki dasar bahwa masyarakat Indonesia dalam realitas kehidupan memiliki suatu nilai yang dihidupi. Yakni adanya sikap saling menjunjung tinggi kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Gotong royong telah menjadi dasar kehidupan masyarakat Indonesia sejak pertama kali Indonesia merdeka. Maka sudah seharusnya semangat gotong royong selalu ada dan dibawa ke dalam jiwa masyarakat Indonesia di setiap zaman,” paparnya.

Pesan gotong royong itulah, kata Vita, yang selama ini menjadi pegangan bagi kader PDI Perjuangan, semangat yang mampu menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dengan segala keberagaman yang ada di negara tercinta ini.

Bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Wonosobo Afif Nurhidayat mengungkapkan selama pandemi global Covid-19 berlangsung, anggaran pemerintah pusat dan daerah lebih banyak yang direfokusing untuk percepatan penanganan wabah virus corona.

“Kini setelah pandemi global Covid-19 melandai, giliran anggaran pemerintah pusat maupun daerah lebih banyak difokuskan untuk kegiatan pemulihan ekonomi. Karena wabah virus corona telah banyak menimbulkan keterpurukan ekonomi pemerintah maupun masyarakat,” tegasnya.

Karena itu, lanjut dia, stimulus bantuan beras yang diberikan Mbak Puan Maharani melalui wakil rakyat di DPR RI Vita Ervina tersebut, diharapkan bisa membantu meringankan beban warga di tengah upaya mempercepat kebangkitan ekonomi masyarakat yang mulai pulih ini.

Muharno Zarka

 

 

Sumber : https://suarabaru.id/2022/01/03/puan-maharani-bantu-beras-warga-terdampak-pandemi-global-covid-19/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *