Pertanian Indonesia Perlu Peranan Petani Muda

KBRN, Magelang : Pertanian Indonesia sangat membutuhkan peranan para petani muda yang siap menjadi motor penggerak percepatan agribisnis dari hulu hingga hilir.

“Dengan adanya regenerasi petani tersebut  untuk mendorong, mengembangkan, dan menciptakan terobosan agar produksi pertanian lebih efisien, efektif, berkualitas dan terintegrasi,” kata anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina di Magelang.

Vita berharap, peserta muda tani yang mengikuti bimbingan teknik peningkatan kapasitas petani dan penyuluh pertanian, bisa mendapat pencerahan positif dan semangat untuk ikut aktif membangun pertanian Indonesia.

Menurutnya, para petani muda atau milenial tersebut, kehadirannya sangat diperlukan. Sebab, petani itu dianggap sebagai anak muda yang “melek” teknologi,  sehingga mampu mengadaptasi perubahan zaman.

Selain itu, diharapkan pula sebagai  motor penggerak percepatan agribisnis dari hulu sampai hilir.

“Dengan pola pikir maju dan peran aktif para petani muda dalam pembangunan pertanian, akan ada peningkatan perbaikan produksi maupun pascapanen. Seperti proses penanaman dan pemeliharaan, dalam pengolahan pengenakan produk, pengemasan dan juga pemasaran baik melalui jejarin  maupun  penjualan secara digital,” katanya.

Vita berharap, para petani  muda tersebut bisa berperan aktif membangun pertanian Indonesia, tidak hanya  cara bertani saja, tetapi bisa  mengembangkan pertanian dari hulu sampai hilir.

Bimbingan teknik tersebut, merupakan angkatan kelima hasil kerjasama dirinya selaku anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Dapil Jateng VI dengan Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI.

“Saya juga mengapresiasi  para  tenaga penyuluh pertanian yang merupakan ujung tombak pembangunan pertanian,” ujarnya. (Dyas)

 

 

 

Sumber : https://rri.co.id/semarang/1144-daerah/1023484/pertanian-indonesia-perlu-peranan-petani-muda?utm_source=news_slide&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *