Perlu Penyederhanaan Regulasi Untuk Tingkatkan Serapan Anggaran

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin meminta Kementerian Pertanian (Kementan) untuk melakukan langkah-langkah penyederhanaan regulasi untuk meningkatkan serapan atau realisasi anggaran. Ia menduga, rumitnya regulasi membuat rendahnya serapan anggaran di sejumlah kementerian yang membuat Presiden Joko Widodo menegur menteri-menterinya saat Rapat Kabinet Paripurna.

“Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Pertanian dalam rangka mempercepat pelaksanaan kegiatan dengan melakukan penyederhanaan regulasi atau persyaratan yang dinilai menghambat pelaksanaan kegiatan tersebut,” ujar Sudin saat RDP dengan Sekretaris Jenderal Kementan Momom Rusmono, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Politisi PDI-Perjuangan ini pun menyoroti bahwa banyak sekali program Kementan yang ditunggu masyarakat bawah karena bersentuhan langsung dengan kehidupan petani. Sehingga perlu ada langkah-langkah yang tidak biasa agar realisasi anggarannya terserap dengan baik.

“Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Pertanian untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan sekaligus penyerapan anggaran, terutama untuk kegiatan yang bersentuhan langsung terhadap kebutuhan petani, antara lain seperti penyaluran pupuk bersubsidi, bantuan benih dan bibit yang berkualitas, serta bantuan alat mesin pertanian prapanen dan pasca panen yang tepat guna dan sesuai standar,” jelas Sudin.

Sementara itu, Sekjen Kementan Momon Rusmono mencatat dan akan menindaklanjuti seluruh masukan dari Komisi IV DPR RI guna peningkatan serapan anggaran di Kementan. (hs/sf)

 

Sumber: http://www.dpr.go.id/berita/detail/id/29234/t/Perlu+Penyederhanaan+Regulasi+Untuk+Tingkatkan+Serapan+Anggaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *