Melalui Program P2L, Vita Ervina Intensifkan Peran KWT Berdayakan Potensi Pekarangan

Metro Times (Magelang) Vita Ervina SE MBA, anggota Komisi IV DPR/MPR RI Dapil Jateng VI dari Fraksi PDI Perjuangan, blusukan ke beberapa Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kecamatan Pakis. Dirinya mengatakan, melalui program P2L (Pekarangan Pangan Lestari) menjadi salah satu tombak pembangunan pertanian di level keluarga dengan mengembangkan dan memberdayakan potensi pekarangan rumah yang dimiliki.

“Tujuan saya mengunjungi KWT Sekar Wangi di Desa Ketundan Pakis dan KWT Mekar Sari di Desa Kragilan Pakis ini adalah dalam rangka mengunjungi dan mengecek bantuan dari Komisi IV DPR/MPR RI yang beberapa bulan kemarin diberikan (sebesar Rp 50 juta per KWT). Saya berharap bantuan P2L kepada KWT ini akan menjadi suatu stimulus dan bahkan dapat menjadi penunjang ekonomi keluarga terlebih disaat masa pandemi covid-19 ini,” terang Polisiti Muda PDI Perjuangan ini.

Lebih lanjut Vita mengatakan, program P2L dapat dimanfaatkan untuk ekonomi keluarga anggota Kelompok Tani Wanita (KWT). Menurutnya, KWT juga merupakan salah satu kelompok yang memiliki kekuatan dan menjadi tombak pembangunan pertanian di level keluarga dan desa, sehingga penting untuk dikembangkan dan diperhatikan dari segala lini sehingga pengembangan dan pemberdayaan KWT harus dilakukan dari tingkat keluarga.

Selain itu, masih menurut Vita Ervina, dengan aktifnya Kelompok Wanita Tani (KWT), selain dapat membantu perekonomian keluarga juga dapat melestarikan lingkungan dan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat melalui beragam inovasi.

“KWT memiliki banyak inovasi seperti halnya di Desa Ketundan dan di Desa Kragilan yang mengembangkan tanaman sayur mayur, buah-buahan, empon-empon sampai palawija. Melalui pengembangan tersebut kebun tanaman atau Demplot dapat digunakan sebagai sarana edukasi, dan tempat melepaskan penat setelah melakukan rutinitas rumah tangga,” katanya.

Lebih jelasnya lagi, Vita menjelaskan kalau KWT merupakan program priorotas pemerintah dan daerah untuk ketahanan pangan untuk di konsumsi sendiri dan bisa juga dijual belikan sehingga bisa mengurangi anggaran belanja.

“KWT merupakan garda terdepan para Ibu-ibu dalam perekonomian. Maka dari itu, Saya berharap para Ibu-ibu tetap bersemangat agar dapat meningkatkan ketersediaan pangan,” jelas Vita.

Tidak hanya mengunjungi dan men survey KWT saja, namun Politisi Muda PDI Perjuangan asal Senayan ini juga menyerap aspirasi-aspirasi dari para anggota KWT di Desa Ketundan dan Desa Kragilan Kecamatan Pakis.

“Dua Kelompok Wanita Tani (KWT) ini sangat bagus-bagus, Saya sangat mengapresiasinya. Jangan pernah lelah, teruslah bersemangat, buatlah marketing yang bagus agar pemasarannya juga bagus, sehingga hasilnya dapat mensejahterakan dari para anggota KWT itu sendiri,” jelas Vita di akhir-akhir kunjungannya.

Pada acara tersebut, dihadiri juga oleh Kepala Desa Kragilan, para pengurus serta anggota dari para KWT Sekar Wangi Desa Ketundan dan KWT Mekar Sari Desa Kragilan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. (rif)

 

 

*Sumber : https://metrotimes.news/breaking-news/melalui-program-p2l-vita-ervina-intensifkan-peran-kwt-berdayakan-potensi-pekarangan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *