Legislator Muda PDIP “Vita Ervina” Serahkan Bantuan Alsintan di Kab. Magelang

Metro Times (Magelang) Anggota Komisi IV DPR/MPR RI Dapil Jateng VI dari PDI Perjuangan, Vita Ervina SE MBA, menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (alsintan) pra panen dan pasca panen kepada Kelompok Tani (Poktan) di Pendopo Pemerintah Kabupaten Magelang, Rabu (11/11).

Penyerahan bantuan alsintan ini langsung dihadiri oleh Bupati Magelang, Sekda Pemkab Magelang, Asisten II Pemkab Magelang, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, perwakilan dari Jasindo, Camat, Kepala Desa, dan para perwakilan Kelompok Tani penerima bantuan.

Vita Ervina menjelaskan, bantuan alsintan ini tidak lain adalah hasil kerjasama antara Komisi IV DPR/MPR RI dengan Kementerian Pertanian RI melalui Ditjen PSP dan Ditjen Tanaman Pangan. Selain itu, penyerahan bantuan ini adalah bentuk komitmen dan wujud nyata kehadiran Pemerintah dan DPR/MPR RI sebagai Wakil Rakyat dalam keberpihakan untuk kemandirian dan kesejahteraan para petani.

“Hari ini ada 181 unit Alsintan yang dibagikan kepada Kelompok Tani di Kabupaten Magelang. Total dari aspirasi saya ada sebanyak 99 Alsintan yang diserahkan kepada sebanyak 65 Kelompok Tani (23 traktor roda 2, 3 traktor roda 4, 7 cultivator, 31 pompa air, 23 hand spayer, 10 power thresher, 1 corn sheller dan 1 combine harvester besar. Jadi, tolong dirawat dan dimanfaatkan secara maksimal,” ucap Vita Ervina.

Vita menjelaskan, Kabupaten Magelang merupakan salahsatu lumbung pangan terbesar di Jawa Tengah dengan hasil kualitas hasil panen yang bagus. Maka dari itu, pihaknya berharap dengan bantuan teknologi alsintan yang tepat guna, para petani akan lebih hemat, mampu menekan ongkos produksi dan lebih cepat dalam proses menanam dan meningkatkan efisiensi serta kualitas produksi pertanian.

Bantuan alsintan ini sifatnya berdasarkan kelayakan usia pakai yaitu 5 tahun. Maka dari itu, Vita berharap bantuan alsintan ini dapat diberdayakan secara terus menerus dan memberi kemanfaatan bagi seluruh petani, sehingga hasil pertanianpun menjadi lebih baik, lebih mandiri dan yang paling penting timbul rasa kepemilikan, lebih bersungguh-sungguh dalam penggunaan dan perawatannya.

“Melalui penyerahan bantuan alsintan dan uang klaim asuransi pertanian ini, saya kembali mengharapkan kepada para Kelompok Tani agar dapat bekerjasama, bahu membahu, bergotong royong, hakekatnya untuk kemandirian pengelolaan yang berkesinambungan dan memberi manfaat yang optimal. Ingat, jangan di salah fungsikan untuk pribadi atau perorangan saja karena ini milik kelompok tani,” jelas Vita.

Sementara itu, Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, memberikan apresiasi kepada anggota DPR/MPR RI Vita Ervina SE MBA yang sudah peduli pada petani di Kabupaten Magelang.

Pihaknya berharap bantuan alsintan ini dapat menunjang dan memaksimalkan hasil pertanian di Kabupaten Magelang melalui Kelompok Tani yang bersangkutan.

“Kami berharap dengan bantuan alsintan ini, industri pertanian di Kabupaten Magelang terus tumbuh di tengah perkembangan zaman dan meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Magelang,” jelas Bupati Magelang.

Terkait bantuan ini, para Kelompok Tani merasa senang dan bersyukur mendapatkan bantuan tersebut, karena alat mesin pertanian itu akan digunakan para petani di wilayahnya masing-masing. (rif)

 

 

Sumber : https://metrotimes.news/breaking-news/legislator-muda-pdip-vita-ervina-serahkan-bantuan-alsintan-di-kab-magelang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *