Gelar Bimtek, Vita Ervina Dorong Lahir Petani Milenial di Magelang

Metro Times (Magelang) Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jateng VI dari Fraksi PDI Perjuangan, Vita Ervina SE MBA, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) “Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Pertanian di Wilayah Koordinasi Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang Tahun 2021) yang diikuti para petani muda di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang.

“Bimtek ini kita lakukan untuk mendorong para petani muda untuk dapat mengikuti perkembangan zaman melalui mekanisasi dan digitalisasi sektor pertanian dan peternakan,” ujar Vita Ervina, di Atria Hotel Kota Magelang, Jumat (26/02).

Vita Ervina mengatakan, bimtek yang berlangsung di Atria Hotel ini dilaksanakan karena komitmen DPR RI dalam mewujudkan kesejahteraan para patani. Selain itu, masih menurut Vita Ervina, Petani Milenial merupakan upaya serius pemerintah dalam regenerasi dan meningkatkan produktifitas di sektor pertanian. Dan juga saat ini masih diperlukannya petani muda yang melek teknologi, mampu mengadaptasi perubahan, inovasi agar produksi pertanian lebih efisien, efektif, berkualitas dan terintegrasi.

“Dengan melibatkan petani milenial merupakan bagian program yag lebih besar yakni gerakan 2,5 juta petani milenial yang sudah ditetapkan sebagai program prioritas membangun manusia Indonesia,” terang Vita.

Ada beberapa strategi pemerintah bagi kaum milenial. Seperti menumbuhkan kelompok usaha bersama bagi petani muda, meningkatkan pelatihan-pelatihan bagi petani muda guna mewujudkan 2,5 juta petani milenial, penguatan kinerja penyuluh pertanian di daerah sebagai pendamping petani.

“Saya berharap dengan bimtek ini, petani milenial adalah agar generasi muda semakin tertarik untuk menggeluti dunia pertanian dan peternakan, karena harga pertanian karena produk pertanian memiliki harga yang kompetitif terutama bagi petani sehingga dapat menarik generasi milenial untuk bertani,” jelas Vita Ervina.

Hadir dalam Bimtek yakni anggota Komisi IV DPR RI (Vita Ervina SE MBA), Direktur Polbangtan Yo Ma (Dr.Rajiman SP MP), Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, serta para Pemateri yang diantaranya Mungguh Bimo Prasetyo (Budidaya kambing/domba), Taufik Mawaddani (nutrisi dan pakan ternak kambing/domba) dan Rayndra Shahdan M (branding dan pengembangan produk).

Bimtek ini merupakan hasil kerjasama antara DPR RI dengan Kementerian Pertanian RI, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian dan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang. Dan sampai berita ini dinaikan, pelaksanaan bimtek ini masih berlangsung. (rif)

 

 

Sumber : https://metrotimes.news/breaking-news/gelar-bimtek-vita-ervina-dorong-lahir-petani-milenial-di-magelang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *