Vita Ervina Tekan Stunting Melalui Gemarikan

Metro Times (Magelang) Langkah cepat dilakukan salah satu anggota Komisi IV DPR RI Dapil VI Jawa Tengah (Kota Magelang, Kab. Magelang, Kab. Purworejo, Kab. Wonosobo, Kab. Temanggung), Vita Ervina SE MBA, dalam menekan angka stunting (gizi buruk). Untuk kali ini, Vita (sapaan akrab Vita Ervina) rela blusukan ke perkampungan atau pedesaan, dan yang menjadi sasarannya adalah Desa Candisari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang, Kamis (4/6) siang.

Bukan tanpa alasan Vita melakukan blusukan ke Desa Candisari. Menurutnya, di Desa Candisari ada sebanyak 107 balita yang mengalami stunting. “Berdasarkan data yang dikeluarkan Bidan Desa Candisari, ada sebanyak 107 balita yang menderita stunting,” kata Vita.

Vita melakukan blusukan juga tidak sendirian, ia juga menggandeng pejabat dari Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, PLt Kepala Bidang Usaha Pengembangan Komoditas Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Tengah, dan PLt Kadin Perikanan dan Kelautan Kabupaten Magelang serta Camat Windusari.

“Saya serahkan bantuan sebanyak 107 paket Gemarikan (gerakan memasyarakatkan makan ikan) untuk para Ibu-ibu yang anaknya mengalami stunting, dan Ayo Makan Ikan, karena kandungan protein dan gizi dalam ikan sangat tinggi sehingga sangat membantu perkembangan otak anak-anak di bawah usia dua tahun,” terang Vita.

Selain membawa paket Gemarikan, Vita juga membagikan paket biskuit untuk ibu hamil dan balita yang dibagikan kepada 107 balita stunting yang terdaftar di Bidan Desa Candisari.

“Semoga ke depan, balita stunting di Desa Candisari akan cepat berkurang,” jelas Vita.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Candisari, Nur Efendi, merasa tersanjung dengan bantuan yang diberikan anggota Komisi IV DPR RI kepada warga desanya. Ia seakan tidak percaya, sekelas anggota DPR RI rela langsung turun ke lapangan yang hanya akan memberikan bantuan kepada penderita stunting warganya, terlebih disaat wabah pandemi Covid-19 ini.

“Saya atas nama pribadi dan mewakili warga masyarakat Desa Candisari mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada Ibu Vita Ervina beserta rombongan yang telah membantu terdampak stunting dan Covid-19. Semoga bantuan ini bermanfaat dan angka stunting di Desa Candisari cepat mengalami penurunan,” ucap Kepala Desa.

Dari Paket Gemarikan yang dibagikan isinya berisi ikan bandeng dan pindang yang sudah dibekukan, abon lele, dan juga masker. Sedangkan untuk biskuit berisi makanan tambahan untuk Ibu Hamil dan makanan tambahan untuk Balita. (rif)

 

Sumber: https://metrotimes.news/breaking-news/vita-ervina-tekan-stunting-melalui-gemarikan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *