DPR RI Gelar Bimtek Pengolahan Kopi di Kab. Wonosobo

Metro Times (Wonosobo) DPR RI yang bekerjasama dengan Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian melalui Polbangtan YoMa, mengadakan bimbingan teknis (bimtek) untuk para petani kopi di Hotel Kresna Kab. Wonosobo, Sabtu (20/3).

Kegiatan bimtek yang berlangsung selama sehari ini ditujukan untuj meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh pertanian. Sebanyak 100 orang menjadi peserta bimtek, terdiri dari para petani dan Penyuluh Pertanian Lapang (PPL).

Acara yang digelar di Hotel Kresna ini dihadiri langsung oleh anggota Komisi IV DPR RI (Vita Ervina SE MBA), Wakil Direktur II Polbangtan YoMa, Bupati Wonosobo, Plt Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Wonosobo serta 2 Narasumber.

Ditambahkan oleh Vita Ervina, Wonosobo mempunyai potensi yang sangat luar biasa dan diupayakan kopi Wonosobo semakin mampu bersaing dari segi kualitas dan harga di tingkat nasional bahkan mampu mendunia.

“Wonosobo berada di dataran tinggi antara 200 hingga 2.250 m di atas permukaan laut (dpl) dan sangat cocok untuk membudidayakan tanaman kopi. Untuk itu, pihaknya sangat berharap kepada para petani kopi di Wonosobo utamana para petani mudanya untuk terus bersemangat, kreatif, inovatif dan berdaya. Karena, sektor pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.

“Tantangan saat ini memang tidak mudah, di tengah pandemi yang berkepanjangan. Mari kita dorong lebih kuat untuk bisa berproduksi terutama pengembangan di sektor agribisnis kopi,” jelas Vita Ervina.

Sementara Bupati Wonosobo, Afif Nur Hidayat, yang hadir langsung di acara bimtek ini sangat mensupport kegiatan ini. Menurutnya, pihaknya sangat berharap kopi Wonosobo tidak hanya go nasional namun go internasional.

“Setelah kegiatan ini, saya akan agendakan Kab. Wonosobo minum kopi sehari penuh. Dan kegiatan ini sebagai bentuk dan keinginan kami bahwa kopi Wonosobo bisa go internasional,” tegas Bupati Wonosobo. (rif)

 

 

 

Sumber : https://metrotimes.news/breaking-news/dpr-ri-gelar-bimtek-pengolahan-kopi-di-kab-wonosobo/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *