Anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina : Gemar Makan Ikan, Meningkatkan Imun Tubuh Hadapi Covid-19

etro Times (Magelang) Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jawa Tengah VI (Kota Magelang, Kab. Magelang, Kab. Purworejo, Kab. Wonosobo, Kab. Temanggung) Vita Ervina SE MBA, bersama Kepala Balai Besar Pengujian Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP), Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang, Ketua Komisi B dan Anggota B DPRD Kota Magelang, melaksanakan Safari Gemarikan di Kota Magelang, Sabtu (6/6), tepatnya di Kantor Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang.

Kegiatan ini adalah dalam rangka Safari Gemarikan dan lebih tepatnya Safari Perluasan Gemar Makan Ikan di Kota Magelang, yang sekaligus menyerahkan bantuan 500 Paket Gemarikan (olahan ikan) kepada masyarakat Kota Magelang terdampak pandemi covid-19.

Vita Ervina menyampaikan, tujuan kegiatan Gemarikan ini adalah untuk kembali meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat makan ikan, dan sekaligus mendukung langkah-langkah Pemerintah dalam penanganan dampak pandemi covid-19.

“Pemberian bantuan produk olahan ikan kepada masyarakat terdampak covid-19 di Kota Magelang ini kita lakukan secara simbolis dan selanjutnya akan dibagikan kepada target penerima yang telah terverfikasi,” terang Vita Ervina.

ita juga mengatakan, mengkonsumsi ikan sangat baik bagi kebutuhan tubuh, karena memiliki nutrisi yang tinggi, terutama di konsumsi bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Maka dari itu, dengan gemar makan ikan juga bisa mengurangi angka stunting, khususnya di Kota Magelang.

“Untuk mengkonsumsi ikan di Kota Magelang, sudah menjadi keharusan agar masyarakat Kota Magelang membudidayakan untuk makan ikan,” ucapnya.

Apalagi, jelas Vita, di tengah pandemi covid-19, memakan ikan adalah salah satu upaya untuk mencegah wabah covid-19. Selain itu, Vita juga menghimbau kepada masyarakat Kota Magelang agar terus menjaga diri, menjaga keluarga, tetap menjaga jarak, memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan guna mencegah meluasnya wabah covid-19 tersebut.

Kepala Balai Besar Pengujian Produk Kelautan dan Perikanan (Perwakilan dari Ditjen Penguataan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP), Widya Rusyanto, yang hadir langsung dalam Safari Gemarikan di Kota Magelang mengatakan, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) akan terus diperluas dan tidak hanya berhenti di Kota Magelang.

Karena, ikan menjadi salah satu bagian penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan nasional. Lanjutnya, oleh karena itu, ketersediaannya harus cukup, baik diperoleh dari perikanan tangkap maupun hasil budidaya.

Kami mendukung Komisi IV DPR RI dengan program Gemarikan terlebih program ini akan diperluas lagi. Semoga bantuan ini dapat mensejahterakan kesejahteraan masyarakat terdampak covid-19 di Kota Magelang,” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko, dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan data Susenas (2019) Angka Konsumsi Ikan (AKI) Kota Magelang sebesar 23,25 kg/kapita/tahun, masih sangat jauh di bawah capaian AKI Provinsi Jawa Tengah sebesar 30,64 kg/kapita/tahun dan capaian AKI Nasional sebesar 47 kg/kapita. Maka dari itu ia berharap dengan kegiatan Safari Gemarikan yang di prakarsai Vita Ervina (Anggota Komisi IV DPR RI) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Kota Magelang ini, masyarakat Kota Magelang semakin sering mengkonsumsi ikan sehat secara rutin, agar asupan gizi bagi tubuh bisa tercukupi.

“Saya atas nama instansi dan masyarakat Kota Magelang sangat mengapresiasi penghargaan setinggi-tingginya kepada Ibu Vita Ervina atas pemberian paket gemarikan, semoga bantuan ini bisa membuat sadar masyarakat Kota Magelang untuk gemar makan ikan, dan tentunya bisa menanggulangi dampak stunting termasuk antisipasi dampak wabah covid-19,” jelas Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang. (rif)

 

 

SUMBER : https://metrotimes.news/breaking-news/anggota-komisi-iv-dpr-ri-vita-ervina-gemar-makan-ikan-meningkatkan-imun-tubuh-hadapi-covid-19/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *