Anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina Dorong Pertumbuhan 2,5 Juta Petani Milenial

MAGELANG (SUARABARU.ID)– Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDIP Perjuangan Dapil IV Jateng, Vita Ervina mendorong penumbuhan 2,5 juta petani milennial

“Pertanian Indonesia sangat memerlukan peranan para petani muda yang siap melakukan regenerasi. Para petani muda tersebut juga  untuk mendorong, mengembangkan dan menciptakan terobosan agar produksi pertanian lebih efisien, efektif, berkualitas dan juga terintegrasi,” kata Vita Ervina pada bimbingan teknik peningkatan kapasitas petani dan penyuluh  pertanian di Magelang, Senin ( 12/4).

Vita mengatakan, para petani muda petani milenial tersebut, kehadirannya sangat diperlukan karena dianggap sebagai anak muda yang “ melek” teknologi, sehingga mampu mengadaptasi perubahan zaman.

Selain itu, diharapkan pula sebagai motor penggerak percepatan agribisnis dari hulu sampai hilir.

“Dengan Pola pikir maju dan peran aktif para petani muda dalam pembangunan pertanian, akan ada peningkatan perbaikan produksi maupun pascapanen.

Seperti proses penanaman dan pemeliharaan, dalam pengolahan pengenakan produk, pengemasan dan juga pemasaran baik melalui jejarin maupun penjualan secara digital,” katanya.

Ia berharap, para petani  muda  tersebut bisa berperan aktif membangun pertanian Indonesia,  tidak hanya  cara bertani saja, tetapi bisa  mengembangkan pertanian dari hulu sampai hilir.

Ia menambahkan, bimbingan teknik yang dilakukan bagi para petani muda dan penyuluh pertanian tersebut, merupakan bimbingan teknik angkatan kelima hasil kerjasama dirinya selaku anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jateng VI , dengan Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI.

“Saya juga mengapresiasi para tenaga penyuluh pertanian yang merupakan ujung tombak pembangunan pertanian,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta- Magelang (Polbangtan Yoma), Bambang Sudarmanto mengatakan, pihaknya mengajak para petani muda untuk berperan di sektor pertanian menjadi sektor yang positif perkembangannya.

“Di saat pandemic covid-19 seperti saat ini, kami mengajak para petani muda khususnya berperan, karena sektor pertanian bisa bertahan di tengah situasi sepeti saat ini,” katanya. Yon

 

 

 

Sumber : https://suarabaru.id/2021/04/12/anggota-komisi-iv-dpr-ri-vita-ervina-dorong-pertumbuhan-25-juta-petani-milenial/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *