Anggota Komisi IV DPR/MPR RI “Vita Ervina” Berikan Kuliah Umum ke Mahasiswa Baru Polbangtan

Metro Times (Magelang) – Anggota Komisi IV DPR/MPR RI Dapil Jateng VI dari Fraksi PDI Perjuangan, Vita Ervina SE MBA, menyampaikan Kuliah Umum dalam jaringan (daring/online) kepada Calon Mahasiswa Baru (Camaru) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang tahun akademik 2020/2021, Jumat (2/10).

“Teknologi siapa yang menggunakan? Pertanian siapa yang menggerakkan?,” kata Vita Ervina saat membuka kuliah yang diikuti Direktur Polbangtan Yogyakarta-Magelang, para Dosen dan para mahasiswa baru.

Dikatakan oleh Vita (sapaan akrab Vita Ervina), di era sekarang ini sangat memerlukan SDM-SDM berkualitas yang mampu mengikuti perubahan zaman, regenerasi, menciptakan generasi petani milenial handal.

“Tahun 2020 adalah Angkatan istimewa, karena teknologi benar-benar digunakan, rapat virtual, kuliah virtual, pelatihan virtual, maka ini mengingatkan sesungguhnya teknologi akan benar-benar menguasai segala bidang, begitupun pertanian,” kata Vita.

Dalam memberi Kuliah Umumnya, Vita mengatakan kalau Polbangtan memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan dan meningkatkan SDA yang unggul, memiliki kemampuan beradaptasi dan dapat melihat peluang yang ada.

“Peningkatan kemampuan SDM, maka akam berimbas kepada pengelolaan produk agribisnis yang semakin baik secara berkualitas. Dan peningkatan kuantitas dan kualitas produk secara menyeluruh diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk dalam negeri terhadap produk-produk sejenis dari luar negeri bahkan menjadi produk unggulan yang meningkatkan devisa atau pemasukan negara,” terangnya.

“Lulusan Polbangtan harus memiliki keluwesan dan ketangguhan dalam perannya sebagai pemerhati dan pelaku agribisnis,” tambahnya.

Mengutip perkataan Ir Sukarno pada tanggal 24 September yang diperingati sebagai Hari Tani Nasional “Hidup matinya sebuah negara ada di tangan sektor pertanian negeri tersebut”. Untuk itu, Vita menegaskan keinginannya yakni para mahasiswa baru akan menggunakan kesempatan yang berharga ini untuk berkarya secara maksimal baik dalam hal meningkatkan kemampuan akademik maupun dalam hal peningkatan soft skill.

“Saya berharap para mahasiswa baru dapat segera menyesuaikan diri dan mampu berkarya secara baik dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah tersedia di kampus barunya ini,” harapnya.

Di akhir memberi kuliah umumnya ini, anggota Komisi IV DPR/MPR RI ini menjelaskan kalau pendidikan vokasi telah dilakukan oleh KEMENTAN untuk menghasilkan Sarjana Terapan dengan kualifikasi job seeker dan job creator adalah Lulusan Polbangtan yang di arahkan sebagai Wirausahawan muda Pertanian dan SDM yang siap bekerja di dunia usaha dan industri. Maka dari itu dirinya berharap besar para mahasiswa baru Polbangtan agar lebih bersemangat untuk meningkatkan kualitas SDM mau dididik, diproses, mengambil seluas-luasnya ilmu pengetahuan di bidang pertanian langsung dari para ahli-ahlinya yang telah lama dan berpengalaman di bidang pertanian, agar pertanian negara Indonesia maju, modern dan mampu meningkatkan taraf hidup petani dan bangsa.

“Komisi IV DPR/MPR RI telah bermitra dengan Kementerian Pertanian. Jadi saya berharap para mahasiswa baru di Polbangtan ini lebih bersemangat lagi dalam belajarnya dan terus mengembangkan di sektor pertanian. Karena masa depan negara ini ada di pundak kalian semuanya,” pesannya. (rif)

 

 

*Sumber : https://metrotimes.news/breaking-news/anggota-komisi-iv-dpr-mpr-ri-vita-ervina-berikan-kuliah-umum-ke-mahasiswa-baru-polbangtan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *