Anggota DPR RI “Vita Ervina” Serahkan Alsintan di Kab. Purworejo

Metro Times (Purworejo) Kabupaten Purworejo merupakan daerah penyangga pangan Jawa Tengah bagian selatan, namun semakin kesulitan mendapat tenaga kerja di bidang pertanian. Maka salah satu anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jateng VI (Kab. Magelang, Kota Magelang, Kab. Temanggung, Kab. Wonosobo dan Kab. Purworejo) yakni Vita Ervina SE MBA, dalam kunjungan kerja perorangan (reses) ke Kabupaten Purworejo, menggugah para anak muda di Kabupaten Purworejo kembali ke pertanian. Menurutnya, saat ini jumlah tenaga kerja pada sektor tanaman pangan adalah petani berusia kurang 60 tahun, dan disusul usia antara 40-45 tahun.

“Mewakili generasi muda, saya mengajak anak muda untuk mau turun ke bidang pertanian, menjadi petani milenial,” kata Vita Ervina di Kecamatan Bayan dan Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo.

Tidak hanya mengajak para pemuda untuk bertani saja, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dalam resesnya ini juga menyerahkan bantuan secara simbolis sejumlah Alat Mesin Pertanian (alsintan) Pra Panen dan Pasca Panen kepada 19 Kelompok Tani (Poktan) di beberapa desa yang berada di Kecamatan Bayan dan Kecamatan Kutoarjo. Tidak tanggung-tanggung, mulai dari Hand Traktor (8 unit) Cultivator (2 unit), Power Thresher (1 unit), Corn Sheller (2 unit), Pompa Air (7 unit) dan Handspayer (8 unit).

“Kegiatan ini adalah tindak lanjut aspirasi yang Bapak/Ibu titipkan melalui saya selaku anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jateng VI, sebagai hasil kerjasama dengan Kementerian Pertanian RI melalui Ditjen PSP dan Ditjen Tanaman Pangan,” terang Vita (sapaan akrab Vita Ervina).

“Penyerahan ini tidak semata-mata hanya sebagai simbolisasi, namun tentunya tidak mengurangi komitmen dan wujud nyata kehadiran pemerintah dan saya sebagai wakil rakyat dalam keberpihakan untuk kemandirian dan kesejahteraan para petani,” jelas Vita, Selasa (4/8) kemarin.

Sementara Sujani, Kepala Desa Grantung Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo, sangat mengapresiasi apa yang diperbuat oleh anggota DPR RI Vita Ervina. Menurutnya, apa yang dilakukannya ini sangat membantu para petani di Kabupaten Purworejo. Dari mulai kekurangan air hingga diberi bantuan pompa air, kekurangan traktor dan langsung diberikannya traktor. Maka dari itu bantuan ini dirasa sangat membantunya dalam meningkatkan hasil pertanian.

“Terimakasih Ibu Vita Ervina atas bantuannya, semoga dengan bantuan ini para petani lebih bersemangat lagi dalam bertani,” jelasnya.

Dalam resesnya ini, terjadi dialog aktif antara para kelompok tani, para Kepala Desa dan Vita Ervina. Dan dalam dialog aktifnya ini, para petani juga mengeluhkan adanya kelangkaan pupuk. Dan keluhan dari para petani ini langsung dijawab oleh anggota DPR RI ini, bahwa ia sudah berkoordinasi dengan distributor pupuk agar Kabupaten Purworejo ditambah lagi alokasi pupuknya. (rif)

 

 

*Sumber : https://metrotimes.news/breaking-news/anggota-dpr-ri-vita-ervina-serahkan-alsintan-di-kab-purworejo/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *